Dec 22, 2011

Some Songs are (mirror of my) Life

Terkadang ketika mendengarkan satu lagu tertentu, ada keping-keping kenangan yang menyusup masuk tanpa diundang. Memicu ingatan yang lama terkubur, yang membuat saya heran karena saya masih mengingatnya walau sudah entah berapa banyak tahun terlewati. Memang ingatan manusia sangatlah hebat, masih menyimpan segala detil kejadian selama masa hidup, tapi semua itu tidak membuat kita gila, karena ingatan-ingatan itu hanya muncul ketika kita ingin mengingatnya atau ada sesuatu yang memicunya (seperti lagu-lagu tertentu). 

Ingatan yang muncul diam-diam itu seringkali membuat saya tersenyum getir, karena kebanyakan dari lagu-lagu itu membawa rasa pahit manis alias bittersweet.  Mungkin pada suatu masa, kejadian yang terkait dengan lagu itu membawa saya terbang ke awang-awang. Dunia terasa Indah dan lagu itu membuatnya sempurna. Tetapi dengan berlalunya waktu, rasa manis itu perlahan memudar. Dunia tak lagi sempurna. Saya kembali menginjak bumi. My rose tinted glassed sudah terangkat. Yang tersisa adalah kenangan dan rasa itu: bittersweet.


Misalnya saja ketika mendengar lagu Kasih Jangan Kau Pergi dari Bunga, yang terbayang adalah suasana ketika saya masih di SMA, baru punya pacar (pacar pertama pula!) dan ada acara festival sekolah (mungkin kalau sekarang bahasa gaulnya Pansi begitu). Tahun ini sekolah kami mengundang beberapa group band dan salah satunya si Bunga ini. Saya masih ingat ketika lagu ini dimainkan, hari sudah malam dan rasanya romantis sekali bisa bersama sang pacar (walau tidak berduaan karena banyak orang).

Wajahmu selalu terbayang
Dalam setiap angan
Yang tak pernah hilang
Walau sekejap
Ingin s'lalu dekat denganmu
Enggan hati berpisah
Larut dalam dekapanmu

Lagu lain yang masih juga dengan orang yang sama (si pacar pertama) adalah lagu dari Protonema, Rinduku Adinda dan Terlalu Cinta. Ketika itu masih musim untuk memberikan kompilasi lagu tercinta buatan sendiri kepada orang terkasih, dan si pacar ini memberikan kaset kompilasi lagu (masih zaman kaset, bukan CD lho ya) dan di dalamnya ada 2 lagu ini. Dua lagu itu menjadi berkesan karena si pacar adalah penggemar Protonema dan memang sengaja mencari 2 lagu Protonema yang katanya “paling menggambarkan perasaan dia”. Ah manisnya masa muda J

Mencoba bertahan walau asa itu s'makin ada
Tiada pernah hilang walau waktu kan terus berjalan
Oh...oh... Adinda, coba rasa cintaku di dada
Sesungguhnya cukup lama rinduku kutunda
Adinda, oh cintaku coba renungkan aku
Aku rindu padamu

Tidak semua lagu berkaitan dengan pacar. Ada juga yang memicu kenangan miris karena, bagi saya, liriknya mengingatkan terhadap sesuatu hal. Misalnya saja Always-nya Bon Jovi dan First Love-nya Utada Hikaru membuat saya rasanya ingin bersembunyi, jika ingat bahwa dulu saya terpaksa menyanyikan kedua lagu itu untuk ujian Bahasa Inggris di SMA. Jadi salah satu ujiannya adalah harus menyanyikan lagu barat di depan kelas. Berhubung suara saya pas-pas-an dan buta nada, saya pun menjagal habis-habisan kedua lagu itu.

Ada pula yang membuat saya senyum senyum sendiri kalau mendengar lagu itu, misalnya saja lagu Mau Dibawa Kemana Hubungan Kita dari Armada. Lagu itu selalu mengingatkan saya ketika saya ikut berkaraoke bersama teman kantor untuk pertama kalinya dan ada satu teman cowok yang begitu semangat menyanyikan lagu itu, pakai joget heboh pulak.

Parahnya lagi adalah saya punya kebiasaan buruk untuk mengasosiasikan lirik suatu lagu dengan kejadian yang saya alami. This proverbs is really me: If a girl tells you to listen to a song, just make sure you pay attention to the lyrics cos it's everything that she wants to say. Terkadang asosiasi antara lagu dan kejadian nyata itu hanya ada di pikiran saya saja, Misalnya saja lagu D’Masiv  Cinta Ini Membunuhku yang super duper lebay itu mengingatkan saya akan seseorang yang menurut saya merasakan apa yang disampaikan oleh lagu itu.

Kau hancurkan aku dengan sikapmu
Tak sadarkah kau telah menyakitiku
Lelah hati ini meyakinkanmu
Cinta ini membunuhku..

Lagu lain yang juga memberikan rasa pahit manis adalah beberapa lagu dari Chrisye. Lagu Malam Pertama memunculkan rasa pedih karena lagu ini yang teman-teman saya putar dengan kejamnya sehari setelah mantan pacar saya menikah (dan saya masih lajang, tentu saja). Lagu Menjadi Seperti Yang Kau Minta saya asosiasikan terhadap seseorang yang pernah mencoba masuk dalam kehidupan cinta saya namun sayangnya gagal karena saya bersama dengan yang lain. Tetapi lagu Kala Cinta Menggoda malah memberikan rasa manis ketika suami berkata bahwa lagu ini mengingatkan dia akan saya ketika dulu kami masih muda.

Sejak jumpa kita pertama kulangsung jatuh cinta.
Walau kutahu kau ada pemiliknya.
Tapi kutak dapat membohongi hati nurani.
Kutak dapat menghindari gejolak cinta ini..
Maka ijinkanlah aku mencintaimu
Atau bolehkan aku sekedar sayang padamu.

Ada kejadian lucu yang berkaitan dengan lirik lagu ini, lagi-lagi itu terjadi ketika saya masih muda dan naïf. Jadi ceritanya saya baru saja lulus SMA, dan sepanjang tahun terakhir di SMA ini saya dekat dengan seorang cowok. Sepertinya sih cowok itu naksir saya tapi saya masih ragu-ragu untuk memberikan lampu hijau karena saya baru saja putus dengan si pacar pertama dan masih enggan untuk menjalin hubungan baru. Tapi namanya juga cewek ababil, saya masih tetap dekat dengan si cowok itu. Suatu hari, dengan bodohnya saya mengatakan kepada cowok ini sambil lalu bahwa lagu Sometimes dari Britney Spears itu mencerminkan perasaan saya saat itu. Saya tidak menyangka bahwa si cowok ini benar-benar serius, sampai dia membeli kasetnya dan berusaha menerjemahkan lagu tersebut. Setelah dia paham artinya, eh dia malah semakin getol mengejar saya mungkin karena beranggapan bahwa saya memang naksir dia juga (seperti apa yang disampaikan dari lagu itu, walau saya tidak bermaksud seperti itu). Sungguh kejadian yang menghebohkan karena ketololan masa muda.  

Sometimes I run
Sometimes I hide
Sometimes I'm scared of you
But all I really want is to hold you tight
Treat you right, be with you day and night
Baby all I need is time

Masih banyak lagu-lagu lain yang menimbulkan rasa bittersweet yang tidak bisa saya bahas satu persatu. Hanya saja, hari ini entah kenapa yang terngiang-ngiang adalah lagu dari Ten2Five: Love is You. Padahal tidak ada kejadian apapun yang terkait dengan lagu ini. Tetapi entah, mungkin hari ini saya sedang merasa romantic menye-menye dan rindu  J

This is how I feel
Whenever I'm with you
Everything is all about you
Too good to be true

Somehow I just can't believe
You can lay your eyes on me
If this is a fairytale
I wish it will end happily

Even though we are apart I can feel you here next to me
Here and now I will vow, stay with me

Let me love you
With all my heart
You are the one for me
You are the light in my soul
Let me hold you
With my arms
I wanna feel love again
I wanna feel love again
Cuz I know
Love is you

0 comments:

Post a Comment